Sabtu, 30 Juni 2012

senyawa aromatik

Senyawa-senyawa aromatik adalah senyawa-senyawa yang mengandung cincin benzen. Senyawa ini memegang peranan sangat vital dalam industri modern. Industri plastik, deterjen, zat pewarna, parfum, bahan flavouring, tekstil, farmasi, dan sektor industri penting lainnya menggunakan bahan baku senyawa-senyawa aromatik dalam jumlah yang sangat besar setiap tahun.
Senyawa-senyawa aromatik dapat diperoleh dari alam melalui pembakaran batu bara ataupun destilasi minyak bumi, akan tetapi ketersediaan senyawa-senyawa ini dalam batu bara maupun minyak bumi hanya dalam fraksi yang sangat kecil sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri. Oleh karena itu diusahakan untuk mensintesa senyawa-senyawa aromatik dari senyawa-senyawa hidrokarbon alifatik (ranati usus) yang tersedia dalam jumlah yang besar dalam minyak bumi. Proses ini disebut catalytic reforming menggunakan suhu dan tekanan yang tinggi serta katalis berupa oksida-oksida logam berat. (Morisson Boyd; 1983).
Proses ini tidak mungkin dilakukan dalam laboratorium karena itu bagi seorang ahli kimia yang ingin mensintesa suatu senyawa aromatik yang lebih kompleks jalan satu-satunya adalah mengambil suatu senyawa aromatik tertentu yang lebih sederhana kemudian menambahkan kepada senyawa itu gugus-gugus yang diperlukan sehingga terbentuk senyawa yang diinginkan. Tidak ada suatu cara yang efisien untuk mensintesa senyawa-senyawa aromatik di laboratorium secara langsung dari senyawa-senyawa alifatik.
http://kimiasman6.blogspot.com/2011/09/karya-tulis_04.html

1 komentar:

  1. mengapa dalam mensintesa senyaw aromatik tidak dimungkinkan dilakukan di laboratorium? bukan kah lab kimia lengkap? kenapa tidak dimungkinkan tempat lab, bukan nya malah membantu?

    BalasHapus