Kamis, 21 Juni 2012

Deskripsi Nitril
 Nitril adalah senyawa organik yang memilikigugus fungsi -CN. Gugusfungsi CN disebut gugus nitril. Senyawa nitril biasanya berupa cairan tidak  berwarna dengan bau yang menyenangkan. Dalam gugus -CN, atom karbon danatom nitrogen berikatan rangkap tiga.
Siano prefix
digunakan dalam tata namakimia untuk menunjukkan adanya kelompok nitril dalam suatu molekul.Ion sianida adalah ion negatif dengan rumus -CN. Gugus ±CN kadang-kadang disebut sebagai gugus sianid atau siano, senyawa yang mengandung gugussianid disebut sianida. Senyawa yang mengandung gugus nitril sangat beracunkarena dapat melepas ion CN
-
. Sintesis senyawaan nitril pertama kali dilakukanoleh KW Scheele pada tahun 1782. Senyawa yang diperoleh adalah nitril asamformiat, hidrogen sianida. Tahun 1811 Gay-Lussac JL mampu membuat asamnitril yang sangat beracun dan mudah menguap dengan tingkat kemurnian yangtinggi. Sintesis benzonitril oleh Hermann Fehling tahun 1844 dengan pemanasanamonium benzoat adalah metode pertama yang menghasilkan cukup banyak  penelitian tentang zat kimia. Dia menentukan struktur dengan membandingkanhasil sintesis hydrogen sianida yang telah diketahui melalui pemanasanammonium formiat ke dalam hasil percobaannya.
Acrylonitrile adalah senyawa kimia dengan rumus CH2CHCN. Acrylonitrile merupakan cairan yang beracun,berwarna, berbau tajam, dapat larut dalam air, mudah terbakar dan cepat menguap. Acrylonitril menghasilkan nitril pada skala besar.Acrylonitrile digunakan untuk membuat bahan kimia lain seperti plastik, karet sintetis, dan serat akrilik. Acrylonitrile prinsipnya digunakan sebagai monomer dalam pembuatan sintetis dari Polimer, terutama polyacrylonitrile yang terdiri dari serat akrilik.Acrylic serat tersebut, antara lain menggunakan, pelopor untuk dikenal-serat karbon. Hal ini juga merupakan komponen dari karet sintetis. Acrylonitrile juga merupakan pelopor dalam industri manufaktur dari acrylamide dan asam akrilik.Didunia, produksi acrylonitril pada tahun 2001 adalah 4 juta ton dan pada tahun 2005 adalah 6 juta ton, dimana separuhnya berasal dari amerika serikat.
Efek dari Acrylonitril dapat dilihat dari sifat Acrylonitrile yang sangat mudah terbakar dan beracun.. Pembakaran bahan yang rilis uap dari hidrogen sianida dan oxides of nitrogen. International Agency for Research on Cancer (IARC) menyimpulkan bahwa ada bukti pada manusia tidak memadai untuk carcinogenicity dari acrylonitrile. Acrylonitile meningkatkan kanker dalam dosis tinggi dimana hal ini sudah diuji pada tikus jantan maupun betina.
http://membagiilmutekim-meirina.blogspot.com/2011/05/acrylonitrile.html

2 komentar:

  1. Senyawa yang mengandung gugus nitril sangat beracun karena dapat melepas ion CN, lalu bagaimana jika Acrylonitrile sebagai bahan pelengkap kehidupan manusia, walaupun produk nya adalah plastik atau karet sintesis. Bagaimana bahayanya, baikkah digunakan produk plastik untuk mainan anak-anak juga???
    -

    BalasHapus
  2. Plastik terdiri atas berbagai bahan kimia (monomer). Dalam kondisi tertentu, kontak antara plastik dan makanan bisa menyebabkan migrasi (perpindahan) bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan.
    Migrasi terjadi akibat pengaruh suhu panas makanan, penyimpanan, atau proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu maka semakin tinggi kemungkinan terjadi migrasi. Lamanya waktu penyimpanan makanan juga berpengaruh terhadap perpindahan materi berbahan kimia ini.

    Wadah plastik untuk makanan harus memenuhi salah satu kriteria: simbol gelas dan garpu, tulisan "Food Grade", atau tulisan "Approved by FDA", sehingga dinyatakan aman untuk digunakan sebagai alat makan.
    Kriteria wadah plastik untuk makanan:
    - Ada tanda food grade, yaitu logo gelas dan garpu, artinya plastik tersebut layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan.
    - Ada tanda food safe, yaitu logo contreng, artinya makanan atau minuman tersebut aman tidak terkontaminasi bahan-bahan kimiawi.
    - Ada merek dagang yang dipatenkan, yaitu ada logo M (trade mark) atau R (registered). Artinya produk tersebut sudah terdaftar dan terjamin keasliannya.

    lengkapnya di
    http://www.apakabardunia.com/2012/04/tips-memilih-wadah-plastik-yang-aman.html

    BalasHapus